Malaysia Sumbang Peralatan Medis Penanganan Covid-19 di Indonesia

  • Whatsapp
Penyerahan Bantuan secara simbolis oleh Menteri Luar Negeri Datuk Saifuddin Abdullah kepada Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono, di Pangkalan Udara Subang, Malaysia Rabu, (15/09/2021) dok. KBRI Kuala Lumpur

Chibernews.com, Kualalumpur – Pemerintah Malaysia menyumbangkan peralatan medis kepada Indonesia untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia, Rabu (15/09/2021).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Luar Negeri Datuk Saifuddin Abdullah kepada Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono, di Pangkalan Udara Subang.

Bacaan Lainnya

Bantuan berupa Oxygen Concentrators, ISO Tank Containers with Liquid Oxygen, dan Disposable medical item yang diperuntukkan untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifudin mengatakan bahwa bantuan tersebut guna memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19.

Pemerintah Malaysia sebagai negara serumpun dan bertetangga yang mempunyai hubungan sejarah dan kekerabatan yang erat dengan Indonesia secara resmi menyerahkan bantuan peralatan medis kepada Pemerintah Indonesia.

“Meski Malaysia sendiri masih menghadapi pandemi COVID-19 dan kendala yang menyertainya, namun tidak menyurutkan kami untuk membantu sesuai dengan kemampuan kami,”katanya dalam pernyataan resmi KBRI Kualalumpur Rabu, (15/9/2021).

Sementara Duta Besar Indonesia Untuk Malaysia Hermono mengatakan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia atas bantuan Pemerintah Malaysia, kalangan swasta dan Rakyat Malaysia . Bantuan tersebut sangat bermakna bagi rakyat Indonesia.

“Meskipun Malaysia saat ini juga tengah memerangi pandemi Covid-19, namun tetap memberikan perhatian kepada rakyat Indonesia yang secara bersama memerangi pandemi Covid-19,”ujar Hermono.

Ia berharap agar momentum ini dapat semakin meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Menteri Pertahanan, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein yang juga hadir menyaksikan serah terima tersebut mengungkapkan rasa bangganya atas upaya Angkatan Bersenjata Malaysia (ATM).

“ATM sangat bangga menjadi bagian dari upaya ini dimana peralatan medis yang disumbangkan oleh Malaysia akan dikirim ke Indonesia menggunakan pesawat khusus,”katanya.

“Ini termasuk 880 unit Oxygen Concentrators; 22.220 box Alat Pelindung Diri (APD); 17.250 kotak masker; 1.146 kotak pelindung wajah; 9.300 kotak sarung tangan; 1.150 kotak pembersih tangan; serta beberapa perlengkapan lainnya,” ujarnya melalui postingan media sosial akun resmi pribadinya.

Dalam upacara penyerahan tersebut turut hadir pula Panglima Angkatan Tentara Diraja Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Haji Affendi Buang serta Wakil Menteri di Jabatan Perdana Menteri untuk Tugas Khusus Datuk Mastura Tan Sri Dato’ Mohd Yazid.

Pengiriman bantuan peralatan medis dari Pemerintah Malaysia diberangkatkan dari Pelabuhan Udara Subang dengan tujuan Jakarta yang dilakukan setelah upacara dengan menggunakan pesawat angkut Tentara Diraja Malaysia C-130 Hercules.

Setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Charge D’Affaires Kedutaan Besar Malaysia menyerahkan bantuan tersebut kepada Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes yang disaksikan oleh pejabat dari Kementerian Luar Negeri, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP A dan Lanud Halim Perdanakusuma.*(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *