Perdana, Pemilihan Ketua OSIS SMPN Satap 8 Baraka Berbasis Web

  • Whatsapp

 

Chibernews.Com ENREKANG — SMPN Satap 8 Baraka yang beralamat di Jl. Poros Uru-Talimbangan Kecamatan Buntu Batu, Enrekang menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2021/2022, Kamis, 18 November 2021.

Pesta demokrasi untuk tataran siswa yang dilakukan kali ini berbeda dari sebelumnya. Seluruh siswa SMPN Satap 8 Baraka diperkenalkan dengan metode baru yaitu pemilihan ketua osis dan wakil ketua osis melalui aplikasi Pilkasis berbasis web dengan melibatkan guru-guru sebagai panitia pelaksana.

Langkah ini bertujuan untuk memberi nuansa baru kepada mereka tentang tata cara pemilihan dengan berbasis web. Sebuah aplikasi yang telah dimodifikasi dan dikembangkan oleh tim panitia pemilihan sesuai dengan kondisi pemilihan.

Pengoperasian aplikasi berbasis web ini menggunakan jaringan lokal dalam 1 server dengan 5 leptop client sebagai tempat pemilih. Sebelum dipergunakan, siswa terlebih dahulu diperkenalkan tata cara pemilihan dengan aplikasi tersebut.

Adapun tahapan pemilihan yang dilalui siswa adalah pengumuman tata cara pemilihan dilapangan kepada siswa sebagai pemilih, panitia memanggil pemilih masuk ke tempat pemungutan suara, panitia memberikan kode kepada pemilih, panitia mengarahkan pemilih ke tempat yg telah ditentukan, pemilih memasukkan kode ke dalam aplikasi lalu login untuk memilih, setelah login, selanjutnya pemilih mengklik gambar kandidat hang ingin dipilih, pemilih menuju ke tempat bagian tinta untuk menandai bahwa pemilih tersebut telah menggunakan suaranya dan langkah terakhir adalah pemilih menandatangani daftar pemilih.

Jumlah siswa (pemilih) secara keseluruhan di SMPN Satap 8 Baraka adalah 102 orang. Jumlah pemilih hadir sesuai daftar sebanyak 86 suara. Jumlah suara pemilih sah sebanyak 85 suara dan 1 suara dinyatakan tidak sah.

Muh. Taqiuddin S, S.Pd. selaku panitia pelaksana menuturkan bahwa “Luar biasa, kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS yang pertama kalinya dilaksanakan di SMPN Satap 8 Baraka dengan metode yang baru memperkenalkan kepada pemilih/siswa tata cara berdemokrasi, juga mengenalkan tata cara penggunaan teknologi di masa mendatang. Adapun hasil yang diperoleh setelah pemilihan dapat segera diumumkan. Tentu saja kekurangan dan kelemahan akan terus diperbaiki untuk pemilihan selanjutnya, semoga kegiatan pemilihan seperti ini menumbuhkan semangat dan motivasi para peserta didik untuk berorganisasi.” tuturnya.

Hasim, S.Pd. I sebagai wakasek bidang kesiswaan mengatakan “saya sangat mengapresiasi pemilihan ketu osis ini sebagai bentuk keaktifan siswa dalam organisasi siswa sekaligus sebagai bukti bahwa status sekolah sebagai sekolah satu atap mampu melaksanakn program sekolah seperti sekolah yang lebih besar. Kedepan kami harap organisasi ini betul-betul optimal dalam melaksanakan program sehingga siswa lebih aktif dalam oganisasi ini, terlebih dalam mengikuti proses pembelajaran. Tak kalah pentingnya mampu berpartisipasi pencapaian visi misi sekolah dan kabupaten.” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN Satap 8 Baraka, Nuim Khayat, S.Si. menyampaikan harapannya bahwa “pemilihan Osis kali ini merupakan salah satu bentuk pengenalan kepada siswa tentang aplikasi berbasis web. Ke depan siswa bisa lebih terbiasa dan akrab dengan segala aktivitas yang berbasis web. Tujuan yang lebih penting dari pelaksanaan pemilihan ini adalah membangkitkan kembali semangat dan motivasi siswa setelah setahun lebih vakum dari kegiatan-kegiatan sekolah dengan menghadirkan hal baru bagi mereka. Yang kita lakukan kali ini berhasil membuat siswa sangat antusias mengikuti seluruh tahapan sampai selesai.” paparnya. (Humas Pemkab Enrekang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *