Resmi! Singapura Terpilih Menjadi Tuan Rumah Turnamen AFF Suzuki Cup 2020

  • Whatsapp
Foto: aseanfootball

Chibernews.com Kualalumpur – Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi mengumumkan bahwa Singapura telah dipilih menjadi tuan rumah untuk AFF Suzuki Cup 2020 yang dijadwalkan berlangsung dari 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Konfederasi Sepak Bola Asean (AFF) telah menetapkan enam kriteria untuk negara mana pun yang tertarik menjadi tuan rumah setelah dunia yang saat ini dilanda pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Diantara kriteria yang ditetapkan adalah dukungan dari pemerintah, tingkat kesehatan dan keselamatan, tingkat risiko pembatalan kompetisi, manfaat bagi mitra dan fasilitas yang akan digunakan.

Setelah melakukan penilaian, Singapura akhirnya memenuhi kriteria dan dikukuhkan sebagai tempat turnamen tahun ini oleh Dewan AFF secara virtual pada Selasa, (28/09/2021).

Tidak ada perubahan pada format kompetisi utama dengan masing-masing tim memainkan empat pertandingan di babak Grup dan semifinal dan final dimainkan dalam format dua laga.

Setelah undian berlangsung minggu lalu, juara bertahan Vietnam finalis AFF Suzuki Cup 2018  mereka akan bertemu Malaysia serta Indonesia, Kamboja dan Laos di Grup B untuk memulai mempertahankan gelar 2018 mereka.

Di Grup A, empat kali juara Piala AFF Suzuki, Singapura akan menghadapi tugas berat menghadapi pemenang lima kali Thailand, Filipina, Myanmar dan pemenang babak kualifikasi antara Brunei dan Timor Leste untuk maju ke semi final turnamen.

Presiden AFF, Mayor Khiev Sameth, mengatakan, “Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah Piala Suzuki AFF 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari Asosiasi Anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih antara mereka.

“Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat, pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran. Kami sangat berterima kasih kepada semua,”katanya.

Menurutnya, Asosiasi Anggota yang telah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen di masa-masa yang penuh tantangan ini benar-benar menunjukkan semangat kekuatan dan tekad ASEAN dalam menghadapi kesulitan.

“Sekarang, dengan keputusan yang dibuat, kami dapat memfokuskan upaya kami untuk bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan nyaman dan juga menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar di ASEAN.

“Kami berharap dapat membawa permata mahkota sepak bola ASEAN kepada semua penggemar kami di seluruh wilayah,”terangnya.

Malcolm Thorpe, Managing Director Asia Tengara di SPORTFIVE, mengatakan “Kami sepenuhnya mendukung keputusan AFF untuk Singapura menjadi tuan rumah AFF Suzuki Cup 2020.

“Saya yakin semua orang, termasuk FA, tim, pemain dan tentunya para penggemar sangat antusias untuk menerima keputusan lokasi turnamen ini. Kami tahu bahwa ini baru permulaan, dan masih banyak kerja keras yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa turnamen ini diselenggarakan dengan aman dan sukses untuk semua pemangku kepentingan.”katanya.

Sementara Mr Lim Kia Tong, Presiden Asosiasi Sepak Bola Singapura mengatakan, “Kami dengan rendah hati telah dipilih oleh AFF sebagai tuan rumah untuk AFF Suzuki Cup yang bergengsi mulai bulan Desember. Ada yang lain yang layak dari sesama Asosiasi Anggota AFF yaitu Thailand,”katanya.

Lanjut, “mereka memberi kami kesempatan yang kuat untuk tawaran itu. Kami tberterima kasih atas kesempatan emas ini dan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh AFF,”ungkapnya.

Kerja keras dimulai dari sekarang kata dia,  dan pihaknya akan melakukan segala daya upaya, bekerja sama dengan AFF serta dengan pemerintah Singapura, yang gigih dalam mendukung penawaran, dan otoritas lainnya untuk memastikan acara yang aman dan terjamin untuk semua peserta, ofisial dan penggemar sepak bola ASEAN.

“Kami akan menggembleng bangsa dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dengan permainan indah yang dimainkan di pantai kami.”ungkapnya

Perlu diketahui penonton dapat menyaksikan pertandingan AFF Suzuki Cup 2020 dengan mitra siaran berikut:

Brunei : Radio Television Brunei, Indonesia : RCTI , Champions TV, Vidio, Malaysia : Astro, Republic of Korea : SBS, Thailand : BBTV Channel 7HD, Vietnam, Laos, Cambodia and Myanmar : Next Media. *(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *