Sah! Terpilih Jadi Ketua DPD Kesti TTKKDH Lebak, H. Maman SP Ajak Untuk Terus Tingkatkan Budaya Lokal

  • Whatsapp
H. Maman SP Resmi terpilih Ketua DPD Kesti Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) Kabupaten Lebak di Hotel Mutiara Lebak, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Banten pada Minggu, (26/09/2021)

Chibernews.com, Lebak Banten – Ini tentunya menjadi harapan besar di Banten terutama di Kabupaten Lebak untuk terus meningkatkan budaya lokal termasuk yang berkaitan dengan bela seni, bela bangsa dan bela negara. Bukan tidak mungkin kebudayaan lokal sudah mulai tergerus di kandangnya sendiri dan budaya asinglah yang menjadi unggulannya.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh H. Maman SP selaku Ketua Kesti TTKKDH Kabupaten Lebak Terpilih kepada wartawan di sela-sela Musyawarah Daerah (Musda) I Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kesti Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) di Hotel Mutiara Lebak, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Banten pada Minggu, (26/09/2021).

Bacaan Lainnya

“Ya tentunya besar harapan kami yang sudah tentu memiliki masyarakat Lebak ini terhadap budaya lokal yang paling utama berkenaan dengan bela seni, bela bangsa dan bela negara harus terus ditingkatkan,”ujarnya.

H. Maman SP Resmi terpilih Ketua DPD Kesti Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) Kabupaten Lebak di Hotel Mutiara Lebak, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Banten pada Minggu, (26/09/2021)

Hal tersebut kata dia, tidak bisa dibiarkan begitu saja untuk para generasi bangsa harus terus meningkatkan dan agar bisa bertindak tegas supaya budaya lokal  yang dimiliki tidak terlupakan begitu saja.

“Budaya lokal merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan supaya generasi bangsa untuk selanjutnya mengetahui kebudayaan lokal yang kita miliki selama ini sangatlah beragam dan menarik seperti khususnya seni budaya pencak silat,”tuturnya.

Sosok pria yang dikenal ramah dan tegas ini juga mengatakan pihaknya ingin memajukan Kebudayaan Seni Silat dan Tari Indonesia (KESTI) Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) Kabupaten Lebak sesuai tupoksi dan harapan. Pencak silat ini adalah warisan leluhur warga Banten khususnya warga Kabupaten Lebak.

“Jebolan-jebolan dari Tjimande dan Kesti TTKKDH sebagai wadah sudah tentu banyak juga dari Kabupaten Lebak, maka perlu kita amankan dan dikembangkan sebagai organisasi budaya lokal di Lebak,”ungkapnya.

Menurut pendapat H. Maman hal tersebut utamanya dalam kepengurusan persilatan yang terdata pihaknya ada sekitar 480 kepengurusan perguruan silat di wilayah Lebak bahkan ia mengaku itupun belum terdata semua.

“Karena itu saya harapkan  Lebak ini yang notabene milik kita, siapa lagi yang akan membangun kalau bukan kita orang Lebak termasuk juga meningkatkan budaya, pendidikan dan infrastruktur. Dalam hal budaya pun harus terus kita lestarikan hingga dapat membawa nama baik untuk Banten khususnya Lebak yang bermartabat dan religius,”kata H. Maman yang juga dikenal juga selaku Kadis PUPR Lebak ini.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa amanah yang diberikan para sesepuh untuk menahkodai DPD Kesti TTKKDH Kabupaten Lebak, dirinya akan melaksanakan sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab dan langkah pertama agar lebih baik dan maju tentunya membenahi kepengurusan organisasi DPD dan DPC Kesti TTKKDH di Kabupaten Lebak dahulu.

Bukan hanya itu saja kata dia, untuk memberdayakan ekonomi anggota ia akan memanfaatkan sumberdaya manusia yang ada di organisasi Kesti TTKKDH Kabupaten Lebak dengan berkoordinasi dengan semua elemen dan komponen staekholder utamanya dengan Pemkab Lebak.

Secara terpisah Bunda Ratu Harum Sari, Pengurus DPP Kesti TTKKDH  kepada chibernews.com mengatakan bahwa acara tersebut sangat menarik dan bagus sekali. “Sangat menarik dan bagus acaranya kondusif,”ujar Bunda Ratu.

Ia berharap mudah-mudahan dengan kepemimpinan H. Maman SP ini seni budaya di Lebak lebih baik lagi dan maju. “Semoga dengan kepemimpinan beliau seni budaya kita akan lebih baik dan lebih maju karena beliau terpilih oleh 28 Kecamatan,”tuturnya.

Bunda Ratu juga berpesan kepada semua komponen masyarakat Lebak untuk terus menjaga dan melestarikan budaya. ” jaga dan lestarikan seni budaya kita, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Ingat Pencak Silat Ingat Lebak,”katanya mengakhiri wawancara.

Untuk diketahui, acara Musda I Kesti TTKKDH turut dihadiri Kadis Pariwisata dan Budaya Lebak Imam Rismahayadin, Kadis PUPR Lebak Maman SP, Dandim 0603/Lebak yang diwakili Kapten Inf Alimanto selaku Pasilog Kodim 0603/Lebak, Ketua Kesti TTKKDH Lebak Abah Jaro Rasman, Ketua IPSI Lebak AM. Erwin, Bunda Ratu Pengurus DPP Kesti TTKKDH.

Turut hadir pula Unsur Muspida Kabupaten Lebak yaitu Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, Dispora Lebak Dedi Riyadi dan para pengurus DPP DPW dan DPP Kesti TTKKDH
dan tamu undangan.

Musda tersebut dengan mengusung tema “REKONSTRUKSI ORGANISASI MENUJU ORGANISASI MANDIRI”.*(Firmansyah/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *