SMK Ikhlas Jawilan Menggelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke – 76

  • Whatsapp
SMK Ikhlas Jawilan, Kecamatan Jawilan menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke – 76 pada Kamis (25/11/2021)

Chibernews.com, Serang – SMK Ikhlas Jawilan yang beralamat di Jalan Raya Cikande Rangkasbitung Km.10 Desa Pasirbuyut Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang Provinsi Banten 42177 ,  menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke – 76 yang diikuti oleh seluruh civitas SMK Ikhlas Jawilan, dengan petugas upacara dari dewan guru pada Kamis, (25/11/2021).

Dikutip dari pgri.or.id, sebelum bernama PGRI, awalnya organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri pada tahun 1912.

Bacaan Lainnya

Tidak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial, dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Pada tahun 1932, nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Perubahan nama ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata “Indonesia” yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda.

Sebaliknya, kata “Indonesia” ini sangat didambakan oleh guru dan bangsa Indonesia.

Pada zaman pendudukan Jepang, segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, hingga Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Lalu, semangat proklamasi 17 Agustus 1945 mendorong penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

Melalui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.

Kemudian pada tanggal 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Sejak Kongres Guru Indonesia itu, semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu di dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Jiwa pengabdian, tekad perjuangan, dan semangat persatuan dan kesatuan PGRI yang dimiliki secara historis terus dipupuk dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itulah, sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun.

Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di SMK Ikhlas Jawilan digelar secara tatap muka terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid – 19, peringatan Hari Guru ini dikemas dengan sederhana dan  tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Bertindak sebagai Pembina Upacara WAKA  Bidang Kurikulum Jamaludin, S.T., serta Pemimpin Upacara  WAKA Bidang Kesiswaan A Pahrudin, S.Pd. dan petugas upacara dari dewan guru SMK Ikhlas.

Dalam amanatnya Jamaludin mengucapkan terima kasih kepada seluruh dewan guru SMK Ikhlas Jawilan yang telah memberikan perhatian penuh untuk mencerdaskan anak bangsa, serta memimpin doa langsung  untuk kesembuhan Keluarga pimpinan SMK yang sedang sakit.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara persembahan puisi dari peserta didik dan pemotongan kue  ditutup dengan poto bersama. *(Karyono)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *